8 Januari 2010

pahlawan


pahlawan, berasal dari kata sanskerta, diambil dari kata phala-wan. phala bermakna buah, dengan demikian pahlawan bermaksud untuk mengambarkan seseorang yang mampu menghasilkan buah yang baik bagi orang sekitar, agama, bangsa dan negara.
menurut kamus besar bahasa indonesia , pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. disini pahlawan berarti seseorang yang berani untuk berkorban demi membela kebenaran.

dalam buku seven heroes : tujuh pahlawan pilihan “kick andy”, ada nama “mama putih”, seorang suster jerman bernama asli gissela borrowska yang mengabdikan hidupnya untuk penderita kusta.

juga terdapat nama suster rabiah, perempuan yang rela mengarung garangnya samudra demi mengunjungi pasiennya di pulau terpencil disekitar laut flores. perempuan ini kemudian lebih dikenal dengan nama “suster apung”. dalam buku ini imam prasodjo menyebut mereka sebagai orang abnormal.

sebenarnya mereka bisa untuk hidup enak tanpa harus bersusah payah, tapi mereka lebih memilih mengabdikan hidupnya untuk kepentingan kemanusiaan. keinginan yang kuat untuk mengabdi membuat mereka mampu menyingkirkan kenyamanan hidup pribadi seperti orang lain yang menikmati hidup secara normal. atas pengabdian yang luar biasa tersebut gelar pahlawan layak disandang mereka, setidaknya begitulah penilaian kick andy.

dalam sistem ketatanegaraan indonesia, pengertian pahlawan diatur dalam undang-undang no 20 tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan. menurut undang-undang ini pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara indonesia yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah negara kesatuan republik indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara republik indonesia.

menurut ketentuan yang berlaku dalam undang-undang ini, seseorang dapat diberikan gelar pahlawan apabila memenuhi persyaratan khusus dan umum. syarat umumnya, seorang calon pahlawan haruslah warga negara indonesia (wni) atau seseorang yang berjuang di wilayah negara kesatuan indonesia (nkri) yang juga memiliki integritas moral dan keteladanan.

calon pahlawan juga harus setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara, berkelakuan baik, dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan atau diancam pidana penjara di atas lima tahun.

adapun syarat khusus yang harus dipenuhi calon pahlawan adalah selama masa hidupnya, dia pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, perjuangan politik, atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

selain itu, dia pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara serta pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa

mengamati ramainya usulan memberikan gelar pahlawan bagi abdurrahman wahid atau lebih akrab dikenal gus dur presiden keempat Indonesia membuat komentar yang berbeda beda di masyarakat. habibie dalam talk show mata najwa di metro tv, berkomentar ketika ditanya masalah usulan mengangkat gus dur menjadi pahlawan, ia tidak secara tegas menolak, tapi menurutnya nanti akan banyak mantan presiden menjadi pahlawan.

dipihak lain partai golkar juga meminta pemerintah memberikan gelar pahlawan bagi pak harto, andai gus dur nanti dianugerahi gelar bergensi tersebut.

gus dur adalah fenomena pemimpin kontroversial yang punya akar kuat di masyarakat, gus dur juga berjasa meletakkan dasar demokrasi dan keterbukaan setelah era orde baru. banyak hal yang telah dilakukan oleh darah biru nu ini, kiprahnya membangun konsep pluralisme di Indonesia membuat ia dekat dengan kalangan lintas agama. atas dasar baktinya pada negara banyak pihak berpendapat gus dur layak disebut pahlawan. Sebuah gelar paling tinggi di negara kita.

sedangkan dengan pak harto, penguasa selama 32 tahun ini telah melakukan pengabdian yang “luar biasa”, bapak pembangunan ini membangun Indonesia dari keterpurukan menjadi sebuah kekuatan baru asia. pengabdiannya pun tidak bisa diremehkan, hingga usia senjapun pak harto masih “bersedia “ mengabdi buat negara sebelum akhirnya dilengserkan. baktinya pun dianggap sangat layak memenuhi syarat khusus yang diatur dalam undang-undang untuk diberi gelar pahlawan nasional.

pahlawan adalah sosok yang menjadi teladan, dan seharusnya tidak pernah melakukan tindakan tercela. gus dur misalnya, pernah mengeluarkan dekrit yang menurut konstitusi itu adalah cela hokum untuk mempertahankan kekuasaan secara inskonstitusional. dia juga dianggap ikut bertanggung jawab atas skandal dana bantuan sultan brunei, itu yang akhirnya membuat dia diimpeach oleh parlemen.

pak harto, tentu punya segudang cela, apakah celanya lebih banyak dari jasanya ? anda tentu tahu benar apa yang dilakukan bapak pembangunan ini. membangun kekuatan negara dengan dasar yang rapuh, pondasin ya utang, temboknya korupsi, atapnya kolusi, lantainya nepotisme. belum lagi ribuan nyawa meregang demi memperkuat tekadnya untuk meninggal landaskan Indonesia tercinta.

atas dasar tindakan tersebut tentu agak sedikit berat untuk member anugerah pahlawan bagi tokoh yang lebih dikenal karena kontroversialnya keitmbang jasa pada negara. memang mereka punya jasa yang besar bagi negara ini, tapi itu lebih karena posisi mereka pada saat itu memang mengharuskan melakukan itu, mereka presiden yang dituntut untuk membangun negara, dan mensejahterkan rakyat. dan itu jadi bagian dari tugas, bukan sesuatu yang dilakukan diluar konteks tugas.

dan terlebih cita-cita bangsa untuk dapat memberikan kesejahteraan bagi rakyat belum mampu mereka wujudkan semasa mereka berkuasa. jadi prestasi yang pernah mereka catat adalah sesuatu yang belum dibangun secara kuat dalam sebuah sistem yang mampu mengarahkan negara ini menuju sejahtera.

gus dur misalnya, pernah membuka kran bagi warga tionghoa untuk melakukan ritual ibadahnya secara terbuka, dan mengakui konghucu sebagai agama yang bisa ditulis di ktp. ini tentu adalah bagian yang harus dilakukan negara kita untuk disebut demokratis. apalagi pasca orde baru sudah seharusnya pemimpin berikutnya membangun negara atas landasan demokrasi.

untuk urusan mensejahterakan rakyat tidak ada yang terlalu menonjol. kebijakannya belum berpengaruh banyak untuk mambuat rakyat di negeri ini sejahtera. kinerjanya menangani kasus aceh juga dapat dikata tidak berhasil, malah mengundang berbagai reaksi keras masyarakat atas komentarnya tentang aceh.

pak harto apalagi, kesejahteraan hanya dinikmati oleh teman dekat, rakyat hanya kebagian sisa-sisa nya saja. kebijakan militeristik membuat rakyat patuh dalam ancaman negara. Ada yang bilang bahwa kita patut berterima kasih atas pembangunan yang telah dilakukan pak harto, tapi saya yakin bahwa seandainya bukan pak harto presiden selama 30 tahun pasti indonesia sudah jauh lebih maju.

bandingkan dengan nama nama yang disebut dalam seven heroes diatas, yang mereka lakukan adalah sesuatu yang bukan tugas dan tanggung jawab mereka. mereka rela melepas hak mereka untuk hidup enak, dan melakukan secara sungguh-sungguh sesuatu yang bukan tanggung jawab mereka.

penghormatan yang terlalu berlebihan dan terkesan pengkultusan adalah budaya lama yang menurut saya menghambat indonesia untuk maju. Kenapa selalu harus ada tokoh yang dipuja puji secara berlebihan, sementara banyak orang yang non tokoh mengabdikan dirinya buat bangsa ini hidup dengan keadaan yang memprihatinkan.

sebaiknya kita semua berkaca pada orang-orang yang selama ini telah dengan tulus mengabdikan diri mereka untuk orang banyak, mereka tak pernah minta dikenal, dan mereka tak pernah butuh gelar apapun.

Tidak ada komentar: